Takut Biaya Listrik Bengkak? Coba Cara Cek Tagihan Listrik Berikut Agar Biaya Listrik Tidak - Catatan Rezky

Saturday, January 18, 2020

Takut Biaya Listrik Bengkak? Coba Cara Cek Tagihan Listrik Berikut Agar Biaya Listrik Tidak


Takut Biaya Listrik Bengkak? Coba Cara Cek Tagihan Listrik Berikut Agar Biaya Listrik Tidak

Meskipun saat ini adalah zaman listrik pintar, namun masih banyak orang menggunakan listrik pasca bayar. Listrik jenis ini akan membebankan pembayaran tagihan pada akhir bulan sesuai dengan banyaknya energi yang dikeluarkan. Dengan demikian, Anda akan cukup sulit untuk mengendalikan pemakaian listrik tersebut. Satu-satunya cara adalah dengan melakukan cek tagihan listrik secara berkala seperti berikut.

Cara Cek Tagihan Listrik Sistem Online
Cara praktis untuk melakukan pengecekan terhadap tagihan listrik pascabayar adalah dengan menggunakan sistem online. Cara mengecek tagihan pembayaran listrik secara online tersebut terbagi menjadi. Pertama adalah dengan melakukan kunjungan ke laman resmi tagihan listrik melalui sistem pencarian internet Anda. Kedua adalah dengan mengunduh aplikasi PLN mobile di Google Playstore.

1.     Lakukan kunjungan ke laman tagihan listrik
Cara pertama ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan sistem pencarian laman internet pada perangkat mobile maupun PC. Misalnya, dengan mengunjungi situs pengecekkan tagihan listrik di cekbill.com. Langkah-langkah untuk melakukan kontrol tagihan listrik tersebut adalah sebagai berikut.
·         Masukkan url https://www.cekbill.com/cek-tagihan-listrik-online.
·         Isilah kolom ID pelanggan yang Anda punya.
·         Isilah kode captcha sesuai perintah yang diminta.
·         Ketuk perintah cek tagihan.
·         Tunggu beberapa saat sampai layar perangkat mobile atau PC yang digunakan menampilkan tagihan listrik Anda.

2.     Unduh aplikasi PLN mobile
Alih-alih melakukan cek biaya tagihan listrik menggunakan laman cekbill.com, Anda justru dapat dengan mudah mengunduh aplikasi resmi yang diluncurkan oleh PLN ini. Aplikasi bernama PLN mobile ini dapat dengan mudah Anda gunakan untuk melakukan pengecekkan tagihan biaya listrik. Anda bisa mengunduh aplikasi ini baik melalui Google Playstore maupun iOS. Caranya adalah sebagai berikut.
·         Pilih menu informasi yang telah tersedia pada tab menu.
·         Ketuk menu informasi token dan tagihan listrik.
·         Input ID pelanggan yang Anda miliki (selain ID pelanggan tersebut, Anda juga dapat mengisi nomor meteran listrik).
·         Klik pilihan cari atau search.
·         Tunggu beberapa saat sampai tampilan layar memunculkan total biaya tagihan listrik Anda.

Cara Cek Tagihan Listrik Sistem Offline
Selain menggunakan pencarian secara online, Anda juga dapat mengecek tagihan biaya listrik secara offline. Mudah saja, Anda dapat melakukan pengecekan tersebut baik melalui SMS PLN maupun dengan menghubungi layanan informasi PLN dengan telepon. Meski hal ini terbilang agak ribet, akan tetapi masih terdapat banyak orang yang menggunakannya.

1.     SMS PLN
Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengecek biaya tagihan listrik secara offline adalah melalui SMS PLN. Anda bisa melakukan pengecekan tagihan listrik bulanan sekali (tidak berlangganan) maupun tagihan listrik bulanan yang kontinu (berlangganan). Cara untuk SMS PLN dengan tidak berlangganan adalah dengan mengetik format REK (spasi) No ID pelanggan yang Anda punya dan kirimkan ke 8123.

Cara untuk SMS PLN secara berlangganan adalah dengan mengetik format PLN (spasi) on (spasi) No ID pelanggan sebanyak 12 digit dan kirim ke nomor 8123. Adapun cara untuk berhenti SMS PLN berlangganan adalah dengan mengetik format PLN (spasi) off (spasi) No ID pelanggan yang dimiliki dan kirim ke nomor yang sama.

2.     Hubungi layanan informasi resmi PLN
Jika Anda tidak mau repot untuk memasukkan kode SMS PLN, barangkali berminat untuk menghubungi layanan call center PLN. Caranya mudah saja yakni hanya menghubungi nomor 123 yang didahului dengan kode area tempat Anda tinggal. Misalnya, Anda tinggal di Yogyakarta maka bisa coba hubungi 0271-123.

Nantinya, ketika panggilan tersebut telah tersambung maka Anda bisa segera menanyakan tagihan listrik sesuai permintaan. Jangan khawatir, para customer service PLN akan siap sedia melayani Anda selama 24 jam non stop.

No comments:

Post a Comment