Sumbang Rp 368,5 Triliun Terhadap PDB Nasional, Kontribusi Perusahaan Sukanto Tanoto Pada Perekonomian Indonesia - Catatan Rezky

Sunday, December 22, 2019

Sumbang Rp 368,5 Triliun Terhadap PDB Nasional, Kontribusi Perusahaan Sukanto Tanoto Pada Perekonomian Indonesia


Sumbang Rp 368,5 Triliun Terhadap PDB Nasional, Kontribusi Perusahaan Sukanto Tanoto Pada Perekonomian Indonesia
Sumber: katadata.co.id

Royal Golden Eagle, grup bisnis yang didirikan oleh Sukanto Tanoto ini tidak hanya dikenal sebagai salah satu grup bisnis terbesar di Indonesia. Kontribusinya kepada bangsa dan negara juga tidak sedikit. Berbagai program CSR (Company Social Responsibility) dijalankan. Salah satu unit bisnisnya, yakni grup ARPIL juga menyumbang kenaikan PDB nasional sebesar Rp 368,51 triliun selama 20 tahun terakhir.

Kontribusi APRIL Group terhadap nilai PDB nasional tidak lepas dari aktivitas bisnis utamanya dalam bidang pulp, kertas dan dissolving pulp. Tidak hanya itu saja, aktivitas bisnis dari perusahaan Sukanto Tanoto ini juga banyak memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar area operasi, khususnya di Provinsi Riau.

Dampak Ekonomi APRIL Group Bagi Perekonomian Regional dan Nasional


Selama 20 tahun terakhir, APRIL Group berkontribusi terhadap PDB nasional sebesar Rp 368,51 triliun. Dari angka tersebut, sebanyak Rp 345,68 triliun atau 93,68% muncul sebagai PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Provinsi Riau.

Penjualan produk APRIL Group ini memiliki efek pengganda bagi perekonomian, khususnya di Kabupaten Pelalawan. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh LPEM FEB UI (Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia), untuk setiap Rp 1 juta penjualan Grup ARPIL, terjadi peningkatan penjualan di semua sektor usaha Rp 1,5 juta di Kabupaten Pelalawan dan Rp 2,28 juta untuk Provinsi Riau.

Dalam penciptaan lapangan kerja, efek pengganda tersebut juga berlaku. Kesempatan kerja untuk 4,75 orang di Kabupaten Pelalawan terbuka untuk setiap pekerja di APRIL Group. Sedangkan untuk Provinsi Riau, kesempatan tersebut menjadi lebih besar, yakni 7,86 orang.

Untuk periode 1999-2018 saja, kontribusi APRIL Group dalam membuka lapangan kerja mencapai 89.646 per tahun. Sebanyak 75,68% dari angka tersebut berasal dari sekitar area operasi perusahaan, yakni Provinsi Riau. Dengan angka sebesar itu, perusahaan Sukanto Tanoto tersebut telah membantu mengurangi angka pengangguran di Provinsi Riau hingga setengahnya.

Memberdayakan Masyarakat Sekitar Hingga Memberi Dukungan Kepada UMKM


Kontribusi APRIL Group terhadap perekonomian Indonesia tidak hanya berasal dari aktivitas bisnis utamanya. Unit bisnis Sukanto Tanoto tersebut juga aktif mengadakan program pemberdayaan masyarakat sekitar. Salah satunya adalah program pelatihan batik dan Rumah Batik Andalan di Kabupaten Pelalawan, Riau.

Program ini pertama kali digalakkan pada tahun 2013 dan sengaja dihadirkan untuk membekali masyarakat sekitar agar lebih berdaya melalui pelatihan membatik hingga membantu mereka dalam hal pemasaran. APRIL Group juga tidak segan-segan mengirim peserta program pelatihan membatiknya ke Pekalongan untuk belajar langsung dari ahlinya.

Berkat program ini, banyak masyarakat, khususnya ibu rumah tangga yang akhirnya bisa membantu perekonomian keluarganya. Penghasilan tambahan yang diperoleh dari membatik juga tidak sedikit. Para pengrajin batik tetap di Rumah Batik Andalan bisa mendapatkan penghasilan stabil di angka Rp 2,5 juta - Rp 3 juta per bulan.

Dampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar juga dapat dirasakan oleh para pelaku bisnis UMKM. Dari operasional bisnis APRIL Group, banyak kesempatan kerja dan kesempatan bisnis tidak langsung yang tercipta.

Unit bisnis Sukanto Tanoto tersebut juga menjalin kerja sama dengan beberapa pelaku UMKM di area sekitar operasi. Kerja sama ini sangat membantu para pelaku UMKM. Bahkan tidak hanya menjalin kerja sama, APRIL Group juga memberi dukungan penuh kepada mitra UMKMnya.

Salah satu bentuk dukungan tersebut dapat dilihat dalam program pembinaan PT RAPP yang merupakan salah satu anak usaha ARPIL Group. Melalui program tersebut, perusahaan Sukanto Tanoto ini memberi pelatihan kepada para pelaku UMKM, terutama dalam hal manajemen bisnis.

No comments:

Post a Comment