Mengulas Tentang Apa Itu Depresi dan Cara Pengobatannya - Catatan Rezky

Thursday, November 28, 2019

Mengulas Tentang Apa Itu Depresi dan Cara Pengobatannya


Mengulas Tentang Apa Itu Depresi dan Cara Pengobatannya

Apa itu depresi? Mungkin bagi sebagian orang yang tidak tahu menganggap bahwa depresi merupakan salah satu penyakit mental yang hampir sama dengan gangguan jiwa. Padahal sebenarnya depresi merupakan salah satu kondisi dimana adanya gangguan dalam suasana hati yang biasanya ditandai dengan adanya perasaan sedih yang sangat mendalam dan rasa tidak peduli.

Depresi memang mampu untuk membuat kondisi seseorang menjadi sangat buruk. Salah satunya yaitu mampu menyebabkan produktivitas dalam kerja menurun, hubungan sosial dengan sesama menjadi semakin terganggu dan yang paling fatal muncul keinginan yang sangat besar untuk melakukan bunuh diri. Dalam sebuah penelitian kesehatan menyebutkan bahwa depresi memang lebih sering dialami oleh wanita karena wanita lebih mudah mengalami perubahan hormon.

Depresi memang mampu memberikan dampak yang buruk dalam kehidupan seseorang. Maka dari itu di bawah ini adalah beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk penyembuhan bagi penderita depresi:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan psikoterapi yang mungkin akan sangat membantu dalam mengatasi masalah yang disebabkan oleh depresi. Orang yang sudah mengalami depresi memang akan sering terlihat murung dan mungkin akan susah untuk diajak komunikasi dan berinteraksi dengan orang yang ada di sekelilingnya. Perasaan sedih akan terus menghantui dan rasa ingin bunuh diri juga akan meningkat bila depresi sudah parah. Maka dari itu, bertemu dengan psikiater adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan.
  2. Selanjutnya yaitu untuk melakukan pengobatan kepada orang yang menderita depresi bisa dengan memberikan obat antidepresan kepada pasien yang sedang mengalami depresi. Namun dalam memberikan obat kepada orang yang menderita depresi juga tidak boleh sembarangan. Konsultasikan dengan dokter sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan resep obat dan dosis yang tepat bagi pasien.
  3. Terapi kejut listrik, hal ini memang sudah banyak dilakukan untuk menyembuhkan depresi. Terapi kejut listrik ini memang dipercaya mampu untuk meningkatkan kinerja otak pasien. Namun yang perlu tahu bahwa terapi ini saat ini memang sudah banyak dilarang oleh beberapa pakar kesehatan karena resiko tertinggi yang mungkin timbul adalah bisa menyebabkan kematian.

Beberapa hal di atas memang dipercaya mampu untuk mengobati depresi. Namun ada hal penting yang harus Anda tahu, bahwa depresi bukanlah suatu keadaan yang bisa dianggap remeh begitu saja. Ada banyak sekali kasus bunuh diri dan berujung kematian yang disebabkan oleh depresi. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk lebih terbuka kepada orang yang ada disekitar Anda bila memang ada suatu masalah.

Ada banyak gejala depresi yang perlu Anda tahu dan perhatikan. Seperti contohnya yaitu munculnya rasa cemas dan kekhawatiran yang sangat berlebihan, kondisi emosional menjadi tidak stabil dan mudah untuk merasa putus asa dan depresi. Gejala lain yang mungkin timbul adalah dengan adanya rasa pusing dan nyeri pada kepala tanpa penyebab yang jelas serta sering merasa lelah dan tidak bertenaga dan selera makan juga akan terganggu.

Apa itu depresi memang masih sangat sulit dimengerti bagi mereka yang kurang begitu peduli dengan kesehatan mental dan jiwa. Namun Anda perlu tahu bahwa depresi saat ini merupakan hal terburuk yang bisa menyebabkan seseorang sampai kehilangan nyawa. Kesehatan mental seseorang memang akan sangat berpengaruh terhadap tindakan yang akan dilakukan oleh orang tersebut. Maka mulai sekarang, hindari hal-hal yang mungkin bisa menjadi penyebab kesehatan mental seseorang menjadi terganggu.


No comments:

Post a Comment