Kebiasan Yang Memperburuk Kualitas Minyak Goreng - Catatan Rezky

Wednesday, March 27, 2019

Kebiasan Yang Memperburuk Kualitas Minyak Goreng


Kebiasan Yang Memperburuk Kualitas Minyak Goreng

Minyak goreng memang baiknya tidak digunakan berkali-kali. Namun, kalau baru sekali pakai harus dibuang karena menghitam, pasti kita merasa sayang, kan?

Biasanya hal tersebut disebabkan lima kebiasaan kita saat memasak di bawah ini. Padahal dengan cara masak yang benar, kita bisa menjaga kualitas minyak tetap baik, sehingga bisa digunakan 2-3 kali.

1. Menggoreng dengan api terlalu besar

Salah satu penyebab minyak mudah menghitam adalah menggunakan api terlalu besar. Bahkan, minyak bisa berubah cokelat, meski baru sekali dipakai.

Selain kualitas minyak menurun, suhu yang terlalu panas juga berdampak pada kualitas makanan. Biasanya bagian luar makanan lebih dulu kering, sedangkan bagian dalamnya belum matang.

2. Menyimpan minyak dengan cara tidak tepat

Minyak goreng yang baru sekali pakai masih bisa dipakai kembali selama disimpan dengan baik. Seringkali kita membiarkan bekas minyak goreng berlama-lama di tempat terbuka, bahkan di atas penggorengan.

Padahal kebiasaan tersebut bisa membuat minyak cepat rusak dan menghitam. Simpan minyak dalam wadah kedap udara, letakkan di tempat yang tidak terpapar cahaya maupun sumber panas, seperti kompor.

3. Tidak langsung menyaring minyak

Saat menggoreng makanan bertepung, biasanya ada residu yang tertinggal seperti rontokan tepung. Sebaiknya langsung saring minyak dari sisa makanan dan menyimpannya. Jika dibiarkan mengendap terlalu lama, kualitas minyak bisa turun, bahkan berlendir di bagian dasar wadah.

4. Tidak memisahkan minyak berdasarkan jenis masakan

Saat menyimpan minyak, kamu perlu mengategorikan minyak bekas berdasarkan jenis masakannya, supaya rasa dan aroma dari masakan sebelumnya tidak tercampur.

Paling tidak ada tiga jenis, yakni makanan manis, makanan asin beraroma menyengat, dan makanan pedas. Jangan sampai minyak bekas menggoreng terasi atau telur digunakan lagi untuk menggoreng pisang.

5. Memasak menggunakan minyak yang sama bertutut-turut

Meski berhasil menjaga kualitas minyak bekas pakai dengan menerapkan tips di atas, tapi penggunakan minyak goreng berulang tetap harus dihindari. Batas aman minyak dipakai menggoreng adalah tiga kali.

Lebih dari itu, minyak biasanya sudah berubah warna menghitam dan tidak baik untuk kesehatan, karena mengandung lemak jenuh tinggi.

No comments:

Post a Comment