Kudapan Manis India Yang Harus Kamu Coba - Catatan Rezky

Wednesday, February 13, 2019

Kudapan Manis India Yang Harus Kamu Coba

Kudapan Manis India Yang Harus Kamu Coba

Islam di India adalah agama yang memiliki penganut terbanyak kedua di India, yang pertama adalah agama Hindu. Banyak umat islam di India yang merayakan Idul Fitri dengan berbagai kemeriahan dan makanan lezat. Banyak makanan lezat India yang beberapa memiliki perpaduan dengan masakan Timur Tengah. Tak terkecuali hidangan penutupnya. Berikut adalah 8 makanan manis yang cocok untuk dijadikan makanan penutup pada hari raya Idul Fitri.

1. Toasted double ka meetha

Toasted double ka meetha adalah makanan khas India tengah yaitu kota Hyderabadi. Toasted double ka meetha merupakan roti panggang yang disiram dengan susu dan sirup. Susu yang disiram terbuat dari susu, khoya (susu yang dikentalkan seperti keju tapi lebih lembab) dan kapulaga. Sedangkan sirupnya terbuat dari gula, air dan kapulaga. Untuk menyajikannya oleskan dulu roti panggang dengan ghee (mentega yang terbuat dari lemak hewani) lalu siram dengan susu dan sirup yang telah dibuat tadi lalu terakhir beri topping almond dan kacang pistachio.

2. Malpua with rabdi

Malpua with rabdi adalah makanan spesial di antara hidangan penutup lainnya. Malpua with rabdi merupkan pancake yang direndam dengan sirup dan untuk penyajiannya disiram dengan rabri dan topping kacang Pistachio dan almond. Sirup yang digunakan untuk merendam terbuat dari gula dan air sedangkan rabri terbuat dari susu yang dikentalkan.

3. Unnakaya

Unnakaya berbahan dasar pisang yang dikukus lalu digoreng. Namun sebelum di goreng, pisang tersebut dimasukkan isi dahulu. Isinya berupa campuran dari gula yang sudah di cairkan menjadi sirup dan dicampur dengan kelapa, kismis dan kapulaga.

4. Sheer khurma

Sheer Khurma adalah makanan hari pertama setelah salat Idul Fitri. Khurma memiliki arti kurma dengan susu dalam bahasa Persia jadi Sheer Khurma adalah bihun dengan kurma dan susu dengan topping kacang-kacangan.

5. Quinoa kheer

Quinoa kheer adalah puding yang terbuat dari quinoa, sejenis biji-bijian yang mengandung banyak protein dan serat. Quinoa kheer adalah perpaduan antara quinoa, susu, susu kental manis, saffron dan elaichi. Untuk toppingnya menggunakan kacang-kacangan.

6. Phirni

Phirni adalah makanan khas India bagian utara. Phirni terbuat dari nasi yang direndam selama 3-4 jam hingga berbentuk seperti bubur. Lalu dicampur dengan susu yang telah direbus dengan gula, bubuk kapulaga dan saffron. Untuk lebih nikmat disajikan dalam kondisi dingin dengan toppping kacang pistachio.

7. Kulfi faluda

Saat musim panas kulfi faluda adalah makanan yang tepat untuk menyegarkan diri. Kulfi adalah es krim India sedangkan faluda adalah mie beras yang tepung jagung ditambah dengan buah-buahan segar. Hidangan penutup yang manis dan lezat ini sangat cocok untuk perayaan yang tepat pada musim panas kali ini.

8. Meethi seviyan

Meethi Seviyan adalah makanan lebaran yang terbuat dari bihun. Kalau di Indonesia bihun dimasak dengan rasa gurih lain dengan di India. Meethi Seviyan terbuat dari bihun yang dimasak dengan susu dan ditambah kacang-kacangan dan buah. Rasa yang dihasilkan perpaduan manisnya susu dan gurihnya bihun.

Perayaan kemenangan memang tak lengkap jika tidak dengan makanan. 8 Makanan manis tersebut biasa adalah makanan yang tersedia saat hari raya Idul Fitri sebagai makanan penutup. Makanan itu merupakan pelengkap ditengah-tengah makanan gurih lainnya. Bisa jadi pilihan kala bosan dengan makanan gurih saat Hari Raya Idul Fitri.

No comments:

Post a Comment