Kulit Buah Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan - Catatan Rezky

Wednesday, October 24, 2018

Kulit Buah Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kulit Buah Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Buah dan sayur sudah terbukti akan khasiatnya pada kesehatan. Biasanya untuk mengonsumsi buah dan sayur tertentu Anda perlu untuk mengupas kulitnya. Kulit buah dan sayur ini dianggap dapat merusak rasa dari buah itu sendiri.

Namun, dibalik kulit buah dan sayur yang tak enak dimakan ini ternyata mengandung banyak manfaat kesehatan dan manfaat lain dalam kehidupan sehari-hari. Ambil saja contoh kulit manggis. Saat ini kulit manggis banyak dipuji karena khasiatnya yang mampu meminimalisir berbagai penyakit.

Selain kulit manggis, ada kulit-kulit lain yang biasa menjadi limbah dapur Anda ternyata dapat bermanfaat bagi banyak hal terutama kesehatan. Jadi jika Anda mengonsumsi buah dan sayur di bawah ini, sebaiknya Anda perlu memikirkan ulang untuk membuang kulitnya.

Berikut 6 kulit buah dan sayur yang masih bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari,

Jika Anda penikmat kentang dan sering membuang kulit kentang, sebaiknya perlu mengetahui rahasia ini. Gunakan kulit dan potongan sisa untuk memanjakan kulit Anda.

Kentang akan membantu meringankan lingkaran hitam yang membandel di bawah mata Anda. Bahan rahasianya adalah catecholase, sebuah enzim yang ditemukan dalam kentang yang memiliki sifat mencerahkan kulit. Beberapa pengobatan rumahan bahkan menyarankan menggosokkan kentang pada ruam atau bintik-bintik penuaan yang ingin dipudarkan.

Ambil kulit kentang dan letakkan di atas mata Anda selama 10 menit. Air yang ada pada kulit kentang akan meresap ke dalam kulit Anda dan menghasilkan sebuah keajaiban, terutama jika Anda melanjutkan perawatan dua kali seminggu. Ini adalah 13 sisa makanan yang Anda tidak pernah tahu bisa makan.

Kulit wortel kaya betakaroten

Mengupas wortel untuk sebuah menu makana? jangan buang kulitnya. "Wortel terasa lebih manis ketika dikupas, tetapi kulitnya bisa dicuci dan dimasak menjadi sup bersama dengan wortel hijau," kata Bonnie Taub-Dix, RDN, penulis buku Read it Before You Eat It.

“Mereka memberikan rasa yang menyegarkan, serta serat dan beta-karoten, antioksidan penting dan prekursor vitamin A. Seperti begitu banyak buah dan sayuran, nutrisi yang kaya dapat ditemukan di dalam dan tepat di bawah kulit — jadi jangan buang kulit wortel"

Kulit Semangka yang kaya vitamin

Hanya karena tampilannya yang tak menarik dan keras tidak berarti Anda tidak dapat memakan kulit semangka. "Kulit semangka hampir selalu dibuang , menghasilkan banyak sisa makanan setelah bagian dalam merah manis dikonsumsi," kata Ginger Hultin, MS, RDN, CSO, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics yang berbasis di Seattle.

“Pengawetan kulit semangka dalam gula, cuka sari apel, dan rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, merica, allspice, dan jahe menjadi camilan yang enak, renyah, dan menarik.” kulit Semangka mengandung kulit yang meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C dan nutrisi lainnya.

Kulit semangka juga memiliki manfaat nutrisi. Tidak hanya mengandung vitamin C dan B6 (kulit, imunitas, dan penguat sistem saraf), tetapi juga bisa mempermanis kehidupan seks Anda.

Dalam sebuah penelitian tahun 2008, para peneliti Texas A&M University menemukan bahwa kulit semangka memiliki konsentrasi tinggi senyawa citrulline, yang diubah tubuh Anda menjadi asam amino yang membantu meningkatkan sirkulasi dan mengendurkan pembuluh darah.

Untuk kesehatan kulit, campur kulit semangka menjadi smoothie buah, atau coba untuk menumisnya, mereka akan menghasilkan tekstur seperti zucchini dan rasa yang sedikit manis.

Kulit pisang sebagai perban

Gunakan kulit pisang untuk memoles kulit dengan menggosokkan ke sisi luar kulit, lalu gosok dengan kain lembut atau gunakan untuk menyembuhkan luka dengan menggosok sisi kulit pada bagian memar atau lecet untuk menghasilkan kalium agar luka cepat sembuh.

Anda juga bisa memakannya. Sebuah artikel 2011 dalam Biokimia Terapan dan Bioteknologi menemukan bahwa kulit pisang mengandung banyak antioksidan sehat seperti karotenoid dan polifenol (diperkirakan dapat mencegah diabetes, penyakit jantung, dan kanker).

Cuci bersih, lalu campur menjadi smoothie buah. Bergantian, rebus kulit pisang yang telah di cincang selama 10 menit dan tambahkan ke hidangan favorit Anda. Dalam kari sayuran kering India, misalnya, kulit pisang cincang direbus dengan bubuk kunyit dan garam dicampur dengan bahan-bahan seperti biji mustard, cabai hijau, dan kubis untuk makanan sehat.

Kulit bawang sebagai agen antiinflamasi

Lapisan tipis di sekitar bawang kaya akan nutrisi, seperti quercetin, pigmen tanaman yang dapat mencegah arteri tersumbat, menurunkan gula darah, dan mengurangi peradangan.

Namun, sebuah penelitian 2011 menemukan bahwa di uni Eropa sendiri, 500.000 ton limbah bawang (seperti kulit dan umbi) dibuang setiap tahun. Meskipun kulitnya tidak bisa dimakan, Anda masih bisa memetik manfaat kesehatan dengan menambahkan kulit bawang ke kaldu sup dan semur. Anda akan berakhir dengan rasa yang kaya dan beraroma yang nikmat.

No comments:

Post a Comment