Makanan Yang Mengandung Lemak Jahat - Catatan Rezky

Tuesday, August 14, 2018

Makanan Yang Mengandung Lemak Jahat

Makanan Yang Mengandung Lemak Jahat

Lemak jahat atau yang juga disebut dengan lemak trans adalah bentuk lemak tak jenuh. Ada dua jenis, lemak trans alami dan buatan. Lemak trans alami dibentuk oleh bakteri di dalam perut sapi, domba, dan kambing. Lemak trans ini membentuk 3–7% dari total lemak dalam produk susu, seperti susu dan keju, 3–10% pada daging sapi dan domba dan hanya 0–2% pada ayam dan babi.

Sementara lemak trans buatan kebanyakan terbentuk selama hidrogenasi, suatu proses di mana hidrogen ditambahkan ke minyak nabati untuk membentuk produk semi-padat yang dikenal sebagai minyak terhidrogenasi parsial.

Penelitian telah mengaitkan konsumsi lemak trans dengan penyakit jantung, peradangan, kolesterol LDL "jahat" yang lebih tinggi dan kadar kolesterol HDL "baik" yang lebih rendah. Meskipun bukti terbatas, lemak trans alami tampak kurang berbahaya daripada yang buatan.

Ternyata banyak makanan yang mengandung kurang dari 0,5 gram lemak trans per porsi diberi label memiliki 0 gram lemak trans. Karena itu, ketika perusahaan makanan mengurangi kandungan lemak trans dari produk mereka, sejumlah makanan masih mengandung lemak trans buatan. Untuk mengurangi asupan lemak jahat tersebut, sebaiknya baca daftar bahan dengan hati-hati. Berikut makanan yang ternyata mengandung lemak jahat,

Krimer non-susu

Krimer kopi non-susu, juga dikenal sebagai pemutih kopi, digunakan sebagai pengganti susu dan krim dalam kopi, teh dan minuman panas lainnya. Bahan utama dalam sebagian besar pembuat krimer non-susu adalah gula dan minyak.

Sebagian besar krimer non-susu secara tradisional dibuat dari minyak yang dihidrogenasi sebagian untuk meningkatkan masa simpan dan memberikan konsistensi krim. Namun, banyak merek secara bertahap mengurangi kandungan lemak trans dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun demikian, beberapa krim masih mengandung beberapa minyak terhidrogenasi sebagian. Jika krimer non-susu Anda mencantumkan bahan ini, ia kemungkinan menyembunyikan sejumlah kecil lemak trans bahkan jika itu diiklankan sebagai "bebas lemak trans" atau menyatakan 0 gram lemak trans pada label.

Untuk menghindari lemak trans dari produk-produk ini, pilih varietas non-susu tanpa minyak terhidrogenasi sebagian atau gunakan alternatif, seperti susu murni.

Selai kacang

Selai kacang adalah makanan yang relatif tidak melalui banyak proses pengolahan. Selai kacang pada dasarnya hanya kacang yang dipanggang, dan ditumbuk sampai menjadi pasta. Namun rupanya, ini tidak berlaku untuk banyak merek komersial selai kacang yang mengandung berbagai bahan tambahan, seperti gula, minyak sayur, dan bahkan lemak trans. Mengonsumsi terlalu banyak gula dan lemak trans telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung.

Beberapa perusahaan menggunakan minyak terhidrogenasi parsial untuk mencapai umur simpan yang lama dan tekstur krim pada selai kacang, jadi periksa labelnya. Agar aman, pilihlah varietas alami; meskipun lebih tebal dan padat, selai jenis ini juga lebih sehat dan biasanya dibuat hanya dengan garam dan kacang tanah, bukan minyak yang mengandung lemak trans.

Popcorn instan

Popcorn adalah camilan yang sulit lepas saat menonton film atau bersantai. Tetapi popcorn yang dapat dipanaskan di microwave memiliki jumlah lemak trans yang perlu menjadi perhatian. Penyebab dari kandungan lemak jahat ini terdapat pada perasa atau bumbu popcorn.

Penyedap mentega dapat mencakup 0,5 gram lemak trans per sajian, sementara penyedap karamel dapat mengandung sebanyak 1,5 gram. Beberapa varietas ekstra-mentega dapat memiliki hingga 15 gram lemak trans per kantong popcorn. Perusahaan makanan secara historis menggunakan minyak yang dihidrogenasi sebagian dalam popcorn instan karena titik leburnya yang tinggi, yang membuat minyak padat pada popcorn.

Margarin

Konsumsi margarin meningkat selama kurangnya mentega pada Perang Dunia II, bahkan Eleanor Roosevelt mempromosikannya sebagai toping roti bakar pilihan. Tapi sebenarnya margarin adalah resep untuk lemak trans berlebih. Untuk membuat krim itu menyebar, minyak nabati cair dipecah dengan hidrogen.

Semakin padat margarin, semakin terhidrogenasi. Banyak label mengklaim memiliki "0 gram" lemak trans, tetapi jika label mencantumkan sebagian minyak terhidrogenasi, jumlah kecil lemak trans tersebut dapat bertambah ketika Anda mengoleskan margarin pada makanan Anda. Jika Anda harus menggunakan margarin, pilihlah margarin yang cair.

Fast food yang digoreng

Makanan cepat saji yang digoreng, seperti ayam goreng, hamburger, kentang goreng, dan mie goreng, semuanya dapat menahan kadar lemak trans yang tinggi. Lemak trans dalam makanan ini dapat berasal dari beberapa sumber.

Pertama, restoran dan rantai takeaway sering menggoreng makanan dalam minyak nabati, yang dapat mengandung lemak trans yang meresap ke dalam makanan. Selain itu, suhu memasak yang tinggi yang digunakan selama menggoreng dapat menyebabkan kadar lemak trans minyak sedikit meningkat. Kandungan lemak trans meningkat setiap kali minyak yang sama digunakan kembali untuk menggoreng.

No comments:

Post a Comment